Hidup = Rahasia Ilahi ? (Part I)

hari ini adalah hari Selasa, etapi bukan itu yang mau gue bahas. jadi, hari ini tuh harinya orang-orang berjuang, penuh harapan, cemas sana-sini, jiper, deg-degan yang dateng berbondong-bondong ke tempat yang mereka tuju (tempat tes) untuk mendapatkan secercah masa depan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri impiannya, tsaah, ribet banget, simpelnya sih SNMPTN-yang gue males nulis kepanjangannya itu apa. ya ga berasa aja ya, udah ngalamin itu setaun yang lalu.

*flashback*

mmm gue inget banget waktu itu tuh tanggal 31 Mei-1 Juni 2011 ujiannya. gue di SMK 31 Jakarta (e kalo gasalah ya) bareng Handarb, Daniel, dan beberapa 82011. yaudah hari pertama dan kedua gue dianter papong mamong.....(duh jadi kangen). ya intinya apa ya....beberapa detailnya emang ga penting sih, jadi bingung mau ceritain part mana. yang jelas sih gue sampe kepagian soalnya takut kesiangan, trus makan di mobil yang berujung perut gue mules, nyari toilet tapi gabisa boker. degdegan, yatapi yaudah jalanin aja, banyak-banyak doa sih waktu itu. kayak, yaudah, daripada dibawa stress nanti malah gabisa ngerjain. 

*skip* jeng jeng...langsung ke pengumuman. waktu itu gue abis solat magrib langsung deh buka dari kamar dan gue buka sendiri. trus ada kata maaf bla3x. trus gue ga nangis, ya kayak sesek aja gitu. trus Tika nelpon nanya gue lulus apa engga. gue sms Disa, Rasti, dll. ternyata, kami berempat ga ada yang lulus wakak kok sedih. trus gue coba hubungin Fadhel ehape doi mati. gue telpon-telpon dan ternyata doi baru bangun =-=, doi juga ga lulus. yaudah perjuangan gue belum berakhir sampai disini. besoknya gue dateng ke BTA dan kumpul-kumpul etiba-tiba aja gue nangis gitu depan Tika, Cabe, dll. hahaha gangerti lah.

oiya, pas SNMPTN kan gue milih FTTM ITB sm Ars Interior UI. ya intinya, itu gara-gara kebanting banget ga dapet Undangan, jadi jiper deh nyoba FK lagi. tapi selanjutnya,  di semua ujian mandiri yang gue ikutin, gue daftar FK dipilihan pertama. beberapa jalur mandiri memakai hasil SNMPTN wicis gaharus tes lagi....menunjukan hasil yang sama, gue ga ada yang dapet. sumpah disuatu titik gue pernah down banget. saat itu pas Disa udah dapet Teknik Sipil Undip, Tika-Rasti dapet Teknik Lingkungan ITS, and I got nothing. berasa gimana gitu ya.....hasil SNMPTN gue juga ga jelek-jelek banget kok. gue masukin jawaban gue ke BTA&NF ya itu juga lumayan lah, bahkan nyampe 57%. ya entahlah, inilah yang menyebabkan judul postnya, Hidup = Rahasia Ilahi. kalo masalah kode, ngebuletin, dll sih insyAllah ga ada yang salah, toh selama TO gue juga selalu kebaca. kalo masalah pensil, gue selalu pake pensil yang sama dan oke-oke aja. ya emang bener-bener rahasia Ilahi ini mah.

sampai suatu hari, gue daftar PTS-Trisakti-dan alhamdulillah keterima di FK dengan peringkat 3, padahal waktu itu kursi udah tinggal berapa belas dan yang daftar masih ratusan. ya emang rejekinya atau emang gimana gue gatau, sekali lagi rahasia Ilahi. 

hari terus berjalan, hampir semua PTN di pulau Jawa udah gue ikutin. kata maaf udah sering banget gue terima. sampai pada akhirnya, tinggal satu kesempatan gue buat masuk PTN, yaitu: PMDK Unair. sekali lagi, gue nyoba FK di pilihan pertama. namun, Allah berkehendak lain, gue ga dapet FK dan alhamdulillah keterima di Farmasi Unair.

sejujurnya, kuliah di Farmasi gapernah ada di bayangan otak gue, mikirin selintas aja engga. ng...karena apa ya, katanya sih kalo Farmasi itu apalannya banyak banget, bahkan ngelebihin FK, dan katanya susah banget. ya entahlah, gue juga gangerti kenapa akhirnya gue malah milih ngerantau dan kuliah disini. sampai sekarang pun gue gatau jawaban Allah kenapa Doi nyuruh gue disini dan difakultas pilihan ini. (ya Allah, sampe sekarang masih kutunggu ya jawaban-Mu :')) suatu hari papong pernah bilang, katanya, "Ayah gapernah nak doain kamu masuk FK, tapi ayah selalu berdoa sama Allah supaya kamu dapet fakultas yang terbaik buat kamu" (anjir, sekarang gue ngetiknya sambil berderai air mata nih). kata-kata bokap gue saat itu, sungguh kata-kata ajaib yang sangat melegakan hati, bahkan sampai sekarang. sekali lagi, kehidupan gue di farmasi ini juga merupakan Rahasia Ilahi.

kadang gue suka mikir sih, kenapa Allah nyuruh gue disini. apa tar gue bakalan dapet jodoh disini(?) duh duh bukan itu. tolong abaikan. ya entahlah, tapi yang gue yakinin disini, Allah itu ga pernah tidur, Allah itu tau apa yang terbaik buat hamba-Nya, dan yang terakhir, Allah punya suatu rencana yang sangat indah yang udah disiapin buat gue. gue tau Allah itu adilnya adil banget. ah pokoknya bener ya, husnudzan sama Allah tuh emang bikin hati lega banget. berasa ploooong banget.

pada akhirnya, hari ini (12/6) pun gue sedang santai di kosan, mau persiapin buat UAS, ujian praktikum, dan tugas-tugas yang penting banget ye, lagi libur gini padahal  masih ada aja tugas. ya, gue udah memutuskan buat ga ikut SNMPTN lagi. ada banyak alasan sih.....yatapi di post selanjutnya aja deh.
ini ceritaku, apa ceritamu? (eeengiklan)