Dirgahayu Surabaya

31 Mei 719 tahun yang lalu........... (padahal gue gatau sejarahnya hahaha ampun arek Suroboyo!). yak intinya, hari ini, Surabaya, kotanya para Pahlawan pemberani, bertambah umur!
and you know what, Surabaya jadi kota TERBERSIH SE INDONESIA loh selama 6x berturut-turut!!!!!! wakwaw lebay gitu ya penekanannya. bisa panjang umur lah gue disini ehehehe (padahal umur udah ditentuin). ya bayangin aja, gue ngerantau nih dari Ibukota negara yang polusinya ya lu pada tau sendiri, asep semua, ga polusi udara juga, polusi suara juga, belom sampahnya. trus ya, sempet terbersit gitu di otak gue, gue termasuk orang beruntung gitu bisa hidup ya kira-kira 5tahun lah di Surabaya dan kuliah disini, di Universitas Airlangga, yang bisa dibilang universitas tertua juga setelah Universitas Indonesia. yak, sekedar informasi, gue udah memutuskan untuk ga ikut SNMPTN lagi tahun ini :):). ya seneng aja, dalam 4-5 tahun kedepan gue bakal meghirup udara segar, nyebrang tanpa di klaksonin sana-sini (emangnya di kampung melayu, eh), ah pokoknya seneng. ya, gue juga berharap sih, kota kelahiran gue bisa kayak Surabaya ini. sama-sama kota besar kok, ya Jakarta nomer 1 trus kedua Surabaya, tapi Surabaya aja bisa yakannnn, masalah pemerintahan dan kedisiplinan warga aja sih sebenernya.

oke, diatas gue menyebutkan bahawa gue bisa nyebrang tanpa di klaksonin sana-sini. gue ngalamin sendiri nih. jadi, waktu itu gue lagi pulang kuliah dan gue memutuskan untuk langsung beli corong (yap, gue mecahin corong 50ml pas praktikum, good). yaudah, setelah nyari info dari Kimia Farma, eh ada tuh toko kesehatan sebelah RS Husada Utama, yang notabene emang deket banget dari kosan gue, jadi gue jalan kaki deh. ya bisa di lihat di google map, itu jalan gede banget, ya bisa dibilang jalan utama kota gitu, nah pasti susah kan nyebrangnya. tapi....disitu ada halte dan ada lampu lalu lintas gitu khusus buat penyebrang, pada tau kan, yang kalo mau nyebrang di pencet gitu ada tombolnya, trus tunggu sampe lampu tanda pejalan kaki menjadi lampu hijau nah baru jalan deh. nah gue nyebrang pake itu, gue pikir bakal tetep susah kan, siapa juga yang bakal meratiin tuh lampu. EEEEEEH DUGAAN GUE SALAH. paraaah itu mobil dari jauh udah pada ngurangin kecepatan, gue nyebrang berasa tenang banget, ga diklaksonin orang, ga ada yang ngomong kotor gitu, ah parahhhhh. sumpah loh berasa banget bedanya sama di Jakarta.

trus ya, di Surabaya kalo ada lampu merah gitu, orang-orangnya emang pada berenti di belakang garis putih.....coba dibayangin, di belakang garis putih jalan....... tertib banget kan. ah keren deh. mantep orang-orangnya. trus disini juga angkot ya biasa sih ngetem, tapi sesama angkot tuh mereka ga berebut penumpang, ga klakson sana-sini. jadi suka sama Surabaya :'D

oiya, tau kenapa Surabaya dinobatkan sebagai kota terbersih se-Indonesia? oke, gue juga bakal nyeritain hasil pengamatan gue disini (tsah). mmm jadi kan kalo dari kosan mau ke kampus gue biasa lewat trotoar jalan, nah trotoarnya itu lebar gitu, ya sama kaya trotoar deket Kota lah. nah itu ya, kurang lebih 2minggu sekali, di bersihin gitu trotoarnya, pake aer, kayak di pel gitu. wiiiih kaga pernah dah liat trotoar di Jakarta di cuci. sabi ya. trus, deket kosan gue ada stasiun gitu, namanya Stasiun Gubeng. yak, itutuh Stasiun yang lumayan gedelah, semacem Jatinegara kalo di Jakarta. kau tau gimana keadaan disana? di sekitar rel bener-bener bersih ga ada sampah, dari mulai luar, parkir mobil motor, beli tiket, tempat duduk gitu, bersiiiiih semua. parah ya, itu stasiun ngelayanin perjalanan jauh loh, Sby-Malang bisa, Sby-Jakarta juga bisa. tapi ga kotorrrrrr.

ya intinya, gue ngerasa bersyukur Allah milihin gue buat kuliah disini dengan segala kelebihan dan kekurangannya. sekali lagi, Dirgahayu Surabaya!